AS Lolos Dramatis ke 8 Besar

By Admin

nusakini.com-- Amerika Serikat (AS) mencuri satu tiket perempat final dari Grup A Copa America Centenario 2016. Bagi AS, sukses ini terbilang dramatis, karena mereka tampil  hanya dengan 10 pemain sejak babak kedua.

Anak asuh Juergen Klinsman berhasil menang 1-0 atas Paraguay di Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia, AS, Minggu (12/6) pagi WIB .

Skuat The Yanks yang mengincar kemenangan krusial di laga ini, tampil tak kenal kompromi demi memastikan tiket perempat final di depan pendukungnya sendiri.

Sementara Paraguay yang sebenarnya lebih banyak menciptakan peluang emas di babak I justru kerap gagal mencetak gol dalam proses penyelesaian akhir. AS pun akhirnya sukses unggul lebih dulu pada menit 27 lewat gol yang cetak Clint Dampsey.

Berawal dari pergerakan Gyasi Zardes di sisi kanan pertahanan Paraguay yang gagal dihentikan barisan pemian belakang, membuahkan assist sempurna ke muka gawang Justo villar yang langsung di selesaikan dengan apik oleh sontekan Dempsey.

Hingga peluit panjang tanda babak I berakhir oleh wasit Julio Bascunan, AS pun sementara ini tetap unggul 1-0 atas Paraguay.

Memasuki jalannya babak kedua, AS justru harus mendapat tekanan hebat. Pada menit 48, DeAndre Yedlin menerima kartu kuning kedua usai menjegal dari belakang pemain Paraguay.

Yedlin yang semenit sebelumnya sudah mendapat kartu kuning pertamanya harus keluar arena dan membuat AS bermain dengan 10 pemain. Paraguay pun mulai berani mengepung pertahanan The Yankes, dengan memaksimalkan keunggulan jumlah pemain mereka.

Menit 62, peluang emas didapat AS setelah lewat skema serangan balik, 3 pemain As menusuk lini pertahanan Paraguay. Sayang, bola yang didapat Zardes tepat di depan gawang Justo Villar gagal dikonversi menjadi gol.

Menit 81, kiper Guzan kembali melakukan dua penyelamatan gemilang dengan menepis dua sepakan jarak dekat Jorge Benitez dan Derlis Gonzales.

Sampai waktu berakhirnya laga, AS sukses menuntaskan kemenangan 1-0 tersebut dan memastikan satu tempat di babak perempat final. Hasil ini pun seolah menjawab tuntutan besar publik tuan rumah yang berharap timnas AS bisa terus melaju ke fase knock-out. (p/ab)

Susunan pemain:

Amerika Serikat: Brad Guzan, Fabian Johnson, John Brooks, Geoff Cameron, DeAndre Yedlin, Alejandro Bedoya (Graham zusi 75'), Michael Bradley, Jermaine Jones, Bobby Wood (Kyle Beckerman 83'), Clint Dempsey (Michael Orozco 50'), Gyasi Zardes

Paraguay: Justo Villar, Gustavo Gomez, Paulo Da Silva, Miguel Samudio, Miguel Almiron, Fabian Balbuena (Juan Iturbe 46'), Victor Ayala, Celso Ortiz (Rodrigo Rojas 55'), Dario Lezcano, Derlis Gonzales, Arnaldo Sanabria (Jorge Benitez 63')